Detail Berita

Wisata Alas Pakis

Sebuah inovasi yang di gagas Karang Taruna dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang ini mengusung konsep pemberdayaan warga, mereka pun mengembangkan sebuah kafe bernuansa wisata alam, yang di beri nama Alas Pakis. Selain menyerap tenaga kerja dari warga sekitar, kafe ini termasuk jadi sarana pemasaran produk-produk UMKM Desa Sumbersuko.

“Tempat ini memang branding awalnya adalah Sumbersuko Forest Park. Pergantian nama menjadi Alas Pakis di mulai sejak hari raya kemarin,” tutur Suprayitno, salah satu pengelola cafe ini.

Menurutnya, alasan perubahan branding adalah gara-gara terjadi peralihan rencana yang lebih memprioritaskan ekonomi kerakyatan, dan juga pelestarian tanaman pakis. Karena tanaman ini merupakan tanaman purba yang dilindungi.

Konsep Alas Pakis ini berawal berasal dari kerja mirip antara Pesanggem [masyarakat lebih kurang hutan yang mengelola lahan Perhutani] bersama pihak Perhutani, untuk menciptakan hutan Pinus yang memiliki ladang kopi. Karena tidak cukup lebih 83 hektar lahan di lereng Gunung Kawi ini terdapat areal tanaman kopi.

Destinasi wisata di lereng Gunung Kawi ini di kelola di atas lahan Perhutani, lewat perjanjian kerja sama. Kafe ini menyajikan keadaan alam yang sejuk nan asri. Pengunjung pun sanggup menikmati sensasi ngopi di atas aliran sungai.

Aneka menu kuliner dan minuman produk warga setempat juga dapat di nikmati dengan harga terjangkau. Pengelola kawasan ini sebenarnya memfasilitasi warga setempat untuk menjajakan produk mereka.

Selain suguhkan live music, pengunjung juga bisa mengajak anak-anak bermain di wahana yang udah disediakan. Kafe Alam Pakis juga sedia kan sejumlah spot foto menarik, seperti jembatan kayu dan rumah pohon.

Menariknya, penerangan kafe ini di hasilkan berasal dari pembangkit listrik bertenaga air skala kecil atau mikro hidro. Pada tidak benar satu aliran sungai yang punya arus deras di tempatkan kincir dan generator berkapasitas 3.000 watt, yang mampu membuahkan listrik sebesar 1.000 watt untuk penerangan seluruh daerah kafe ini.

 

Berita Lain